Terasyik

6/recent/ticker-posts

Album Paling Berpengaruh; Machine Head (9)

Machine Head (Deep Purple, 1972). Album ini saya tempatkan di peringkat kesembilan album favorit saya.

Saya yang tahu nama Deep Purple sejak kecil dari Bapak saya, semacam punya kewajiban untuk menggali lebih dalam karya-karya dari band ini. Dan album ini adalah salah satu hasilnya.

Saya menyukai gaya permainan seluruh personel Deep Purple di album ini; lengkingan vokal Ian Gillan, lead gitar Richie Blackmore, gebukan drumm Ian Paice, betotan bass Roger Glover, dan aksi Jon Lord saat bermain keyboard.

Dua lagu paling terkenal di album ini adalah Highway Star dan Smoke On the Water. Lagu paling favorit pilihan saya berjudul "Lazy" yang sangat rock n roll.

Sayangnya saat pertama kali menyimak album ini tidak melalui perangkat yang oke, cuma lewat laptop yang kemudian disambungkan ke speaker 2.1 dengan sound pas-pasan. Tapi itu tidak mengurangi kenikmatan saya saat mendengarkan album dahsyat ini.

Berdasarkan catatan anu, ini adalah album Deep Purple paling sukses secara komersil. Mencapai nomor 1 di Inggris dan tetap berada di 40 teratas selama 20 minggu. Kemudian mencapai nomor 7 di Amerika Serikat, pada Agustus 1973. Sebuah pencapaian yang sangat bagus dari album rock. Album ini juga jadi kiblat banyak musisi di era setelahnya.

Satu lagi yang kurang, sampai sekarang saya belum punya kaset pitanya.

Posting Komentar

0 Komentar